Arus Kuroshio Di Samudera Pasifik

Terjadi arus laut di semua samudera di permukaan bumi ini. Di Samudera Pasifik, tepatnya di sebelah utara khatulistiwa, terjadi empat arus laut. Pada tulisan ini yang akan diuraikan lebih spesifik adalah Arus Kuroshio.

Arus Kuroshio adalah arus yang mengalir dari kepulauan Filipina sebelah utara, menyusuri sebelah tenggara Kepulauan Jepang, menuju ke pesisir Amerika Utara, terutama Kanada.

(Baca juga lokasi berkumpulnya banyak ikan di laut)

Arus Kuroshio merupakan lanjutan dari arus khatulistiwa utara. Arus ini mengalir dari Benua Amerika bagian utara sebelah selatan, menyusuri Amerika selatan bagian utara, menuju ke dekat Indonesia dan Filipina. Sampai di dua kepulauan ini, arus khatulistiwa utara ini terbagi dua. Arus yang belok ke kiri melalui Filipina sebelah selatan masuk ke perairan Indonesia. Sedangkan yang belok ke kiri adalah Arus Kuroshio.
pembahasangeografi.blogspot.co.id
Arus Kuroshio ini panas dan didorong angin barat. Panas karena temperaturnya lebih tinggi dibanding temperatur laut yang didatangi. Karena didorong angin barat, arus hitam ini menuju ke arah garis lintang yang lebih tinggi.

(Kajian ilmu kelautan yang luas bisa mudah dipahami dengan buku: Pengantar Ilmu Kelautan (Edisi 2), MS. Wibisono, UI Press#iklan)

Arus Kuroshio yang panas bertemu dengan Arus Oyashio yang dingin sehingga arus kuroshio jadi hangat, dan terus mengalir ke dekat Benua Amerika (terdapat banyak ikan pada wilayah pertemuan dua arus tersebut). Sampai di wilayah ini, arus kuroshio terbagi dua. Ada yang belok ke utara dan ada yang ke selatan. Yang ke selatan ini berubah menjadi Arus Kalifornia yang dingin dan terus mengalir menyusuri pesisir barat Amerika Utara terus ke selatan menuju ke khatulistiwa.

Arus laut yang ada di Samudera Pasifik, di sebelah utara khatulistiwa, adalah arus khatulistiwa utara, Arus Kuroshio, Arus Oyashio, dan Arus Kalifornia. Selain di sebelah utara khatulistiwa, arus laut terjadi juga di sebelah selatan dan sepanjang garis khatulistiwa. Arus laut adalah sejumlah besar air laut yang terakumulasi menjadi satu kesatuan yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Sumber Bahan:
Harmanto Gatot. 2008. Geografi Bilingual Untuk SMA/MA Kelas X. Yrama Widya. Bandung Wardiyatmoko K. 2006. Geografi SMA Jilid 1 Untuk Kelas X. Erlangga. Jakarta.

Pembahasan tentang arus laut yang terjadi di Samudera Pasifik ini bisa digunakan untuk menjawab soal di bawah.

Soal Ujian Nasional Geografi Tahun 2007/2008 Submateri Arus Laut

Arus laut yang bergerak di Lautan Pasifik adalah .....
A.Arus Labrador dan Benguela
B.Arus Agulhas dan Benguela
C.Arus Labrador dan Kuroshio
D.Arus Kalifornia dan Agulhas
E.Arus Kuroshio dan Kalifornia

Pembahasan Singkat
Soal di atas menanyakan tentang arus laut yang terjadi di Lautan (Samudera) Pasifik.
A.Arus Labrador dan Benguela (keduanya terjadi di Samudera Atlantik)
B.Arus Agulhas (terjadi di Samudera Hindia) dan Benguela
C.Arus Labrador dan Kuroshio (terjadi di Samudera Pasifik)
D.Arus Kalifornia (terjadi di Samudera Pasifik) dan Agulhas
E.Arus Kuroshio dan Kalifornia (keduanya terjadi di Samudera Pasifik)

Jadi jawabannya adalah E karena kedua arus itu terjadi di Samudera Pasifik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arus Kuroshio Di Samudera Pasifik"

Posting Komentar